Mujahidin Taliban Berhasil Kuasai Kabul Kembali

Kunar, afghanistan (armnews) – Taliban diberitakan telah membebaskan empat distrik di propinsi Kunar. Menurut pejabat rezim Karzai, Jalal Jalal, Mujahidin Imarah Islam Afghanistan telah mengambil alih kontrol distrik Bargi Matal, Ghaziabad, Langham dan  Chappa Dara secara total.
Laporan dari pejabat rezim Boneka Karzai, Taliban memulai penyerangan pada tanggal 8 Juli. Mereka melaporkan serangan ini ke Kabul untuk meminta bantuan akan tetapi tidak mendapatkan respon dari Kabul, kata pejabat setempat. Pendukung Karzai pun melarikan diri dari Kunar.

Di propinsi sebelah Nuristan, pertempuran antara tentara Karzai dan Mujahidin Taliban masih berlangsung, dan sudah memasuki hari kelima. Menurut sebuah laporan, distrik Mum juga sudah dibebaskan oleh Mujahidin.

Pada Malam 13 Juli, Mujahidin Taliban memborbardir markas militer Amerika di propinsi Nuristan, sebelah utara Afghanistan, menggunakan roket-roket. Menurut laporan NATO dan pasukan penjajah, sembilan tentara Amerika tewas dan limabelas lainnya luka-luka.

Sedangkan dari Helmand, situasi disana sekarang tambah rumit, tentara Karzai melaporkan para pejuang Taliban  sudah memasuki wilayah Helmand.

Pejabat resmi mengatakan bahwa Taliban sudah hampir mendekati ibukota Afghanistan. Kabul mungkin akan dikepung, NATO dan pemerintah Afghan mengakui itu.

Sedang laporan dari kelompok Mujahidin, mereka dengan pelan-pelan bergerak didekat Kabul di propinsi Loghar, Maidan Wardak, Kapisa, Parwan dan Laghman.

Radio lokal mengindikasikan bahwa jumlah Mujahidin sekarang terus bertambah. Di propinsi sebelah timur negeri itu muncul dua kelompok baru dan kedua kelompok itu telah bergabung dengan Taliban :

“Jamaatul-dawa-al-suna” dan “Ahadis”. Dengan anggota utama orang-orang dari Uzbek dan Arab. Rezim Karzai percaya bahwa pemimpin kelompok Pergerakan Muslim Uzbekistan, Tahir Yuldashev ada di belakang kelompok tersebut. (prince/muslimdaily/kc/bbs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: