Yaman: Mujahidin Al Qo`idah Berhasil Memperluas Kesuksesannya ke Tengah Negara

Haroky2000- Mujahidin Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) menyapu kota di selatan Yaman, Radda (provinsi al-Baydah) tadi malam dan menggempurnya dalam beberapa jam, laporan AFP merujuk pada sumber-sumber suku lokal. Pengambilalihan Radda, 130 kilometer (80 mil) barat daya dari ibukota negara Sana’a, adalah keberhasilan lain dari AQAP dalam perang melawan rezim thoghut Saleh, yang saat ini mengalami krisis politik. Radda terletak hanya 30 kilometer dari jalan raya utama yang menghubungkan ibukota Sana’a Yaman dan wilayah selatan dan barat daya, di mana Mujahidin mengendalikan Imarah Abyan dan sebagian besar provinsi Shabwa. (Kami ingin mencatat bahwa unit AQAP juga beroperasi di provinsi lain di selatan Yaman, di mana mereka mengendalikan kota-kota dan wilayah yang luas).

“Al-Qaeda telah mengambil alih kota dan sekarang menguasai penuh disana”, seorang pejabat boneka lokal mengatakan kepada AFP pada kondisi anonim.

“Pasukan keamanan pemerintah harus mundur ke basis mereka dan militan sekarang bertugas pada pos-pos pemeriksaan masuk dan keluar dari kota”, ia menambahkan. AFP melaporkan bahwa Radda telah dimasuki oleh unit-unit AQAP lebih dari seribu  mujahidin.

Pada gilirannya, situs ZeeNews menunjukkan bahwa Mujahidin merangsek ke Radda dari beberapa titik yang telah mereka kuasai selama akhir pekan, termasuk kastil kuno yang menghadap kota, sekolah dan masjid. Reuters mencatat bahwa Mujahidin AQAP mengibarkan bendera Islam diatas benteng dan berjanji setia kepada pemimpin al Qaeda DR. Syeikh Ayman al-Amir Zawahri.

“Al Qaeda telah mengibarkan bendera di atas benteng”, seorang warga menyampaikan kepada Reuters melalui telepon. “Para anggotanya telah tersebar di seluruh lingkungan kota setelah berjanji setia kepada Ayman al-Zawahri setelah sholat Isya (Minggu)”. Pada hari Senin, Mujahidin menguasai penjara pusat kota, markas utama dari “polisi” boneka dan beberapa gedung pemerintah. Menurut tetua suku lokal, sekitar 150-200 tahanan Muslim, termasuk Mujahidin, telah dibebaskan. Dua penjaga penjara boneka tewas di tempat. Menurut CBS, tentara lainnya terluka. AFP melaporkan bahwa 10 tentara rezim Saleh ditangkap.

Kaum muslimin yang dibebaskan tersebut bergabung dengan mujahidin dan mendapat senjata dari mereka. Pejuang AQAP dipersenjatai dengan senapan mesin dan peluncur granat. Yaman Observer melaporkan bahwa Mujahidin telah memiliki persenjataan berat. Operasi untuk membersihkan kota dari sisa-sisa pasukan boneka dimulai pada hari Minggu malam dan selesai saat fajar pada hari Senin, 22 Safar 1433 (16 Januari 2012). Kelompok-kelompok kecil pasukan boneka tidak memberikan perlawanan yang berarti. “Hampir tidak ada pertempuran-pertempuran terjadi”, kata seorang tetua suku lokal.

Salah satu Kepala Suku Ammar pro Saleh at-Tairi mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya memperingatkan rezim Saleh bahwa gerak gerik AQAP menunjukkan niat mereka untuk menggempur dan menguasai kota. At-Tairi dengan milisinya mencoba membentuk kelompok untuk menghadapi Mujahidin, namun pejuang Islam “datang dengan kekuatan besar seperti itu menjadi jelas bahwa mereka lebih kuat dari negara, setidaknya, di kota ini”, tambah kepala suku . Saat ini, yang ditunjuk menjadi gubernur Radda adalah Amir Tariq al-Dahab, saudara ipar dari Asy Syahid (Insya Allah) Sheikh Anwar al-Awlaki.

Beberapa komentator telah menghubungkan pembebasan Radda pada tahun 2012 dengan pembebasan Zinjibar pada akhir Mei 2011 dan memprediksi fase baru ekspansi al-Qaeda di Semenanjung Arab. Pertempuran dengan pasukan rejim Saleh yang terjadi sama di Emirat Abyan, tetapi jelas bahwa Mujahidin lebih unggul dalam konfrontasi ini. Media Barat menulis tentang penderitaan boneka di Abyan. Dengan demikian, Washington Post mencatat bahwa meskipun dukungan kuat dari AS dan rezim Saudi terhadap boneka Yaman, situasi semakin memburuk untuk mereka setiap hari. “Kami seperti sebuah pulau di lautan al-Qaeda”, kata Letnan Abdul boneka Mohamed Saleh, berdiri di sebuah pos pemeriksaan di jalan raya terpencil yang menghubungkan Zinjibar dengan kota pelabuhan Aden.

Hari ini Mujahidin mengendalikan wilayah besar di Yaman Selatan, dekat jalur laut strategis penting dimana pasokan minyak ke Barat dikirim. AQAP telah mengumumkan prospek jangka panjang: untuk menciptakan Imarah Islam di Yaman (Emirat Abyan telah didirikan pada Mei 2011) dan mulai bergerak di sepanjang semenanjung itu. Penjajah dan boneka prihatin bahwa AQAP akan menggunakan Yaman sebagai basis untuk mempersiapkan serangan terhadap AS dan mengarah kepada Arab Saudi. Washington Post menunjukkan bahwa pangkalan garis depan sudah terbentuk. Salah satu wartawan baru-baru ini mengunjungi Abyan Barat dan menyatakan pendapat bahwa posisi Mujahidin di sana sangat kuat seperti di tempat lain.

Tentara boneka Ali al-Katib, yang berperang di sisi rezim Saleh, mengatakan melihat jalan yang kosong menuju Zinjibar: “Mereka menyerang kami sudah tiga kali hari ini”. Dia tampak kuyu dengan beban berat. Kurang dari satu mil dari jalan raya terletak stadion sepak bola utama Al-Wahda, yang berada di tangan Mujahidin sebelumnya. Ada juga sebuah pangkalan militer dari Brigade Mekanik 25, yang telah lama dikepung oleh Mujahidin.

Dituntun oleh pertimbangan taktis, AQAP pada awal September meninggalkan baik stadion dan markas, kembali ke Zinjibar. Hal ini telah memungkinkan pasukan Saleh untuk segera pindah ke ibukota dari Imarah Islam.
Rezim menyebutnya sebagai “kemenangan” dan pada malam 11 September, 2011 menyatakan menguasai Zinjibar, meskipun, ternyata, para antek Yaman bahkan tidak pernah memasukinya.

Kembali ke Zinjibar, menembus jauh ke Abyan, Mujahidin telah memancing boneka ke dalam perangkap, melebarkan garis depan dengan jarak yang cukup dan teratur menguras kekuatan rezim.

Departemen Pemantauan
Kavkaz Center

Publication time: Yesterday at 01:48 Emirate time

About Haroky2000

The Prophet SAW said : “Islam begin as something strange ( Ghuroba` ), and it will return as something strange the way it began”.

Posted on Januari 18, 2012, in Alam Islami, Kabar Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: