Jerome Spinoza: Wilayah Sahel Afrika dapat menjadi tempat Jihad abadi

Sebuah panel yang berisi para ahli memperingatkan, bahwa sebuah kelompok yang berafiliasi ke Al Qaidah sedang bekerja untuk mengubah seluruh wilayah Sahel Afrika menjadi “Somalia baru” dan menjadi basis teroris yang bisa menimbulkan ancaman bagi keamanan Eropa dan Pan-Afrika.

Jerome Spinoza, kepala biro Afrika di kementrian pertahanan Perancis mengatakan: daerah pinggiran-Sahara, seluas 1000 km persegi yang membentang dari Atlantik di barat hingga ke Laut Merah di timur, akan menyajikan tantangan yang selama ini telah diabaikan para pembuat kebijakan di Barat.

“Ketidakstabilan sedang meningkat,” kata Spinoza di London Kamis kemarin, seperti dilansir The Guardian. Ia menambahkan, “Tanpa kebijakan yang berarti, daerah tersebut dapat menjadi sebuah tempat abadi yang aman untuk jihad”.

Robert Fowler semasa disandera oleh Al Qo`idah, screen shot ini diambil dari video yang dirilis.

Robert Fowler, seorang mantan utusan khusus PBB untuk Niger dan diplomat Kanada yang pernah diculik dan disandera selama empat bulan pada tahun 2008-2009 oleh Al Qaidah Maghreb (AQIM) mengatakan, terdapat 31 kelompok kuat yang sangat disiplin dan sepenuhnya berkosentrasi pada tujuannya untuk menciptakan kekhilafahan Islam, yang merangkul tanah-tanah Muslim di Afrika dan Timur Tengah.

“Orang-orang ini bermotivasi tinggi dan benar-benar memisahkan diri dari dunia luar,” kata Fowler. “Orang-orang ini tidak memiliki keinginan duniawi, pakaian mereka compang-camping, mereka hanya memiliki satu kantung beras dan sabuk berisi amunisi. Saya disandera di 23 lokasi yang berbeda dalam sekitar 70 hari. Mereka ini sangat teratur. Meraka dapat bongkar pasang tenda dalam waktu dibawah empat menit.”

Fowler menambahkan: “Ini adalah kelompok para pemuda yang paling fokus yang pernah saya temui dalam hidup saya. Mereka benar-benar berkomitmen untuk berjihad. Mereka mengatakan kepada saya ‘Kami bertempur untuk mati, sedangkan kalian bertempur untuk pulang kepada istri dan anak-anak kalian. Tebak siapa yang akan menang?’ Bahkan jika sampai memakan waktu 200 tahun…. Mereka akan mengubah gurun Sahel menjadi Somalia baru.”

Fowler mengatakan ancaman teroris di sisi selatan Eropa telah meningkat, akibat penjarahan senjata canggih di Libya usai runtuhnya rezim Gaddafi di Libya. “Mereka (AQIM) kini dilengkapi dengan sejumlah besar senjata dari Libya dan maksud saya adalah senjata-senjata canggih seperti 20.000 mortir SA-24, mortir berat, artileri berat dan ribuan ranjau anti-tank.” PBB sendiri sebenarnya sudah menuntut agar senjata-senjata itu dikembalikan, tapi itu mustahil.

Wilayah Sahel yang kemungkinan besar dapat dikuasai Mujahidin, mencakup Mauritania selatan, Mali, Burkina Faso, Aljazair selatan, Niger, Nigeria utara, Chad, Sudan Selatan dan Darfur di Sudan barat, Ethiopia utara dan Eritrea. [muslimdaily.net]

About Haroky2000

The Prophet SAW said : “Islam begin as something strange ( Ghuroba` ), and it will return as something strange the way it began”.

Posted on Desember 22, 2011, in Kabar Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: