Pejuang Libya Menjual Rudal Darat ke udara kepada AQIM

HAROKY2000- Pekan lalu, Presiden Deby Itno di Chad “membunyikan” alarm bahwa Al Qaeda telah mengambil keuntungan dari kekacauan yang disebabkan oleh pemboman NATO. Mereka membeli senjata kimia Muammar Gaddafi. Senjata tersebut dilaporkan telah dijual oleh para pejuang Libya yang melakukan penjarahan granat gas saraf dan barang barang lainnya setelah area penyimpanan dibom oleh koalisi.

Minggu ini, Presiden Idress Deby Itno menceritakan kepada mingguan Jeune Afrique, bahwa Al Qaeda dari Magreb Islam juga memperoleh rudal darat ke udara.

Pejuang Libya menembakkan rudal SAM 7 kearah pesawat tempur pasukan Qadhafi

“Para Islamis al-Qaida mengambil keuntungan dari penjarahan gudang di zona pemberontak untuk memperoleh senjata, termasuk rudal darat -ke-udara, yang kemudian diselundupkan ke suaka mereka di Tenere,” sebuah wilayah gurun Sahara yang membentang dari Niger ke Chad timur laut barat, Deby mengatakan dalam wawancara.

“Ini sangat serius. AQIM menjadi tentara asli, dilengkapi peralatan terbaik di kawasan itu,” katanya.

Klaimnya diikuti oleh pejabat di negara-negara lain di kawasan itu yang mengatakan bahwa mereka khawatir bahwa al-Qaeda di Maghreb Islam (AQIM) mungkin telah memperoleh “senjata berat”, berkat pemberontakan.

“Kami memiliki informasi pasti. Kami sangat khawatir untuk wilayah-sub, “satu sumber keamanan Mali yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan.

AQIM berasal sebagai gerakan perlawanan bersenjata Islam terhadap pemerintah Aljazair sekuler.

Sekarang AQIM beroperasi terutama di Aljazair, Mauritania, Mali dan Niger, dimana telah menyerang sasaran militer dan membawa sandera sipil, terutama warga Eropa, beberapa di antaranya telah dibunuh.

“Kami memiliki informasi yang sama,” tentang senjata berat, termasuk rudal SAM 7, kata sumber militer dari Nigeria.

Rudal SAM 7 ; Tipe : peluncur rudal portabel darat-ke-udara, Buatan : Uni Soviet, Spesifikasi Berat 9.8 kg (rudal Strela-2M) 15 kg (sistem, siap tembak), Panjang :1,44 m Diameter :72 mm, Jangkauan maksimum : 3700m (Strela-2) - 4200m (Strela-2M), Lebar sayap : 0,3 m, Ketinggian Terbang : 50-1500 m (Strela-2) - 50-2300m (Strela-2M), Kecepatan : 430m / s (Strela-2) - 500 / s (Strela-2M), Sistem panduan : Proportional navigation logic

“Hal ini sangat mengkhawatirkan. Mempersenjatai ini adalah bahaya nyata bagi seluruh zona,” tambahnya.”

The Telegraph Inggris juga memiliki sumber menyatakan senjata Al Qaeda dari Libya.

Delapan Toyota truk pickup menyeberang ke Chad, di Niger dan ke Mali utara dari gudang senjata gurun di Libya timur. Aljazair memperingatkan bahwa sayap al-Qaeda Afrika Utara, Al Qaida di Magreb Islam (AQIM), telah menyita rudal panggul darat ke udara di Libya.

Laporan intelijen mengatakan roket granat anti-tank granat Rusia, senapan Kalashnikov mesin berat, senapan Kalashnikov, bahan peledak dan amunisi ditumpuk pada pickup.

“Sebuah konvoi delapan Toyota penuh senjata melakukan perjalanan beberapa hari yang lalu melalui Chad dan Niger dan Mali utara,” kata pejabat itu.

“Kami tahu bahwa ini bukan konvoi pertama dan bahwa itu masih berlangsung. Beberapa barak militer telah dijarah di wilayah ini [timur Libya] dengan gudang senjata mereka dan menyimpan senjata dan unsur-unsur AQIM yang hadir tidak bisa gagal untuk mendapatkan keuntungan dari kesempatan ini.”

Sejumlah kalangan di Barat mengkhawatirkan bahwa intervensi asing di Libya -khususnya jika dibawah pimpinan AS- malah akan memicu Alqaeda terlibat jauh lebih dalam di Libya.

Pihak Barat terutama mengkhawatirkan sayap Alqaeda di Afrika Utara, yaitu Alqaeda di Magribi Islam (AQIM).

“AQIM memiliki sumber daya dan telah mempertontonkan kemampuannya yang amat terbatas untuk memainkan peran kunci dalam pemberontakan di Libya..” kata John Jay Lebeau, mantan pejabat senior CIA yang kini bekerja untuk George C. Marshall for Security Studies di Jerman.

(har/unc)

About Haroky2000

The Prophet SAW said : “Islam begin as something strange ( Ghuroba` ), and it will return as something strange the way it began”.

Posted on April 10, 2011, in Kabar Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: