AMD Siapkan Processor 3,7GHz Terbaru Berbasis Arsitektur Bulldozer

Sejak kemunculannya beberapa waktu yang lalu, keberadaan arsitektur Bulldozer yang fenomenal tampaknya menyiratkan aura magnet yang kuat bagi para vendor chip dunia. Tak terkecuali bagi AMD sebagai salah satu vendor chip high-end yang baru-baru ini telah mengungkapkan ketertarikannya pada kehandalan arsitektur tersebut. Sejauh ini pihaknya telah berencana untuk terus mengembangkan Phenom II X4 terbarunya. Dan bahkan baru-baru ini AMD telah mengisyaratkan kalau processor Phenom II X4 975 Black Edition yang saat ini berkibar akan segera tergantikan oleh kehadiran processor Phenom II X4 980 Black Edition terbaru yang rencananya baru akan terealisasi mulai bulan Juni 2011 yang akan datang.Menurut sumber-sumber yang dikutip oleh publikasi Donanim Haber, menyusul kehadiran processor Phenom II X4 980 Black Edition dalam rentang kurun waktu antara bulan April – Agustus mendatang, kabarnya juga akan diikuti dengan kehadiran armada-armada Phenom II lainnya.

Processor Phenom II X4 980 Black Edition ini memiliki clock sebesar 3.7GHz, mengusung TDP 125W dan fitur spesifikasi yang sama seperti kerabat terdekat lain yang lebih kecil clocknya. Selain itu, processor tersebut dilengkapi dengan L2 data cache per core sebesar 512KB, 6MB memori cache Level 3 yang dishare, memori DDR3-1333MHz dual-channel dan dukungan HyperTransport 3.0.

AMD akan menggunakan teknologi DSL SOI 45-nanometer untuk membangun processor Phenom X4 II 980 Black Edition tersebut. Dan ini ternyata kompatibel dengan keberadaan motherboard AM3/AM3+ maupun motherboard AM2/AM2+ yang telah ada sebelumnya. Ditambah lagi dengan multiplier yang diset sepenuhnya terbuka, sehingga Anda akan lebih mudah untuk melakukan overclock.

Armada AMD Phenom II X4 yang saat ini lagi naik daun adalah processor AMD Phenom II X4 975 Black Edition yang baru saja diluncurkan pada awal Januari 2011 yang lalu. Dan processor ini sendiri memiliki kecepatan clock sebesar 3.6GHz.

Walaupun processor AMD Phenom II X4 975 Black Edition tersebut mengusung performa yang bagus dan kemampuan overclocking yang layak, namun pada kenyataannya harga yang ditawarkannya pun masih terbilang agak terlalu mahal untuk saat ini. Lalu bagaimana halnya dengan processor AMD Phenom II X4 980 Black Edition yang rencananya akan segera dirilis bulan Juni 2011 nanti? Bagaimana kiprahnya? Ya, Kita lihat saja!

About Haroky2000

The Prophet SAW said : “Islam begin as something strange ( Ghuroba` ), and it will return as something strange the way it began”.

Posted on Maret 31, 2011, in Technoscience. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: