Mullen : Perlawanan di Afghanistan Semakin Keras

(Muslimdaily) Kabul – Perlawanan di Afghanistan sekarang menjadi lebih keras, lebih canggih dah lebih bengis, kata ketua Staf Kepala Gabungan Mike Mullen.

Admiral Mike Mullen mengatakan dalam jumpa pers bersama wartawan Afghan dan Amerika, bahwa perlawanan di Afghanistan “mempunyai pengaruh dominan di 11 dari 34 propinsi di Afghanistan”.

Kelompok perlawanan di Afghanistan menjadi lebih efektiv menggunakan IED dan taktik unit-kecil, Mullen berkata “saya sangat khawatir akan meningkatnya level persekongkolan antara Taliban Afghanistan dan Al Qaeda dan kelompok ekstrimis lain yang ikut membantu di sepanjang perbatasan Pakistan”, katanya.

Menyelesaikan jaringan ini adalah kunci sukses di Afghanistan, tambah Mullen.

Mullen mengatakan dirinya akan mendiskusikan dengan pemimpin Afghan dan Pakistan bagaimana caranya bekerjasama dengan baik dalam menghadapi jaringan teror, dan ia mengatakan akan bertemu dengan Jenderal Asfaq Kiyani setelah pekan ini.

“Militer Pakistan, sementara ini mengalami kerugian yang signifikan dalam menghadapi musuh paling berbahaya di negeri mereka”, kata Mullen.

Menggabungkan kekuatan militer guna menjamin lingkungan aman untuk membangun dan menguasai adalah bagian paling tersulit dalam operasi anti-terorisme, tambah Mullen.

Dalam kunjugannya bersama tentara di Fort Campbell, Ky dan Camp Lejeune NC pekan lalu, kepala Staf ini mengatakan para tentara harus “menguatkan diri mereka sendiri untuk pertarungan yang lebih dan lebih banyak kerugian, bahkan sebelumnya saya sudah mengatakan kepada mereka agar mempelajari kultur Afghanistan sebelum mereka mulai ditugaskan kesana”.

Misi disini adalah untuk mengalahkan Al Qaeda dan mencegah Taliban berkuasa lagi, kata Mullen. Pasukan Amerika akan terus bekerja dan terus melatih pasukan Afghanistan hingga Juli 2011, pada saat itu pasukan Amerika akan perlahan pergi, masih kata Mullen.

“Kita harus dengan cepat membalikkan momentum perlawanan ini, dan membangun kapasitas tentara Afghan dan para polisinya untuk menyediakan keamanan bagi negeri mereka sendiri”, tandas Mullen.

About Haroky2000

The Prophet SAW said : “Islam begin as something strange ( Ghuroba` ), and it will return as something strange the way it began”.

Posted on Desember 16, 2009, in Ragam. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: