Sepenggal Cerita Asy Syahid Shamil Basayev

Shamil Basayev dilahirkan pada tahun 1965 di pegunungan Vedensky, saat masih menjadi daerah kecamatan Checnya-Ingush ASSR. Setelah pulang dari tentara beliau bersekolah di Institut Pertanian Moskow, namun berhenti pada tahun ajaran kedua, karena performa akademis kurang baik. Namanya mulai dikenal di Checnya pada musim gugur tahun 1991, saat itu Rusia menyatakan keadaan darurat Republik dan melakukan pengiriman pasukan pada masa awal peperangan di Rusia. Kemudian sebagai tanda protes terhadap tindakan-tindakan Moskow, tiga orang Checnya melakukan pembajakan pesawat terbang penumpang Rusia ke Turki. Salah satu dari ketiga pembajak pesawat tersebut akhirnya diketahui sebagai Shamil Basayev. Setelah awal perang di Abkhazia, Basayev menjadi kelompok relawan awal Checnya yang ikut ambil bagian dalam konfrontasi bersenjata dengan tentara Georgia. Pada tahun 1993 Basayev menjadi kepala komandan pasukan konfederasi rakyat Kaukasus dan menjadi wakil menteri pertahanan Abkhazia. Setelah kembali ke Checnya beliau diangkat menjadi komandan pengintaian dan sabotase angkatan bersenjata batalyon ChRI yang biasa disebut “Abkhazian batalyon”.

Saat pecah perang di wilayah Checnya pada tahun 1994, Jokhar Dudayev mengangkat Shamil Basayev sebagai komandan pendamping. Pada bulan Juni 1995, Basayev berhasil menguasai kota Budennovsk di Teritori Stavropol, Rusia Selatan. Basayev berhasil menyandera banyak tentara Rusia, dalam pertukaran para sandera, Basayev menuntut penghentian aksi militer di Checnya dan membuka negosiasi antara Moskow dan para pemimpin ChRI. Tindakan militer berhasil dihentikan selama beberapa bulan. Pada bulan Agustus 1996, unit gerilya dibawah pimpinan Maskhadov, Basayev, Gelayev dan sejumlah komandan lainnya berhasil mengambil alih kota Grozny, yang kemudian dilanjutkan dengan penandatangan yang disebut Khasavyurt Accords dan berakhirlah masa perang pertama di bumi Checnya.

Pada tahun 1997, Shamil Basayev ditunjuk sebagai wakil perdana menteri pemerintah ChRI (Checen Republic of Ichkeria) dan kemudian bertindak sebagai kepala pemerintah Ichkeria. Pada awal Juli 1998, ia mengundurkan diri. Setelah masa perang kedua di Checnya dimulai, Basayev ditunjuk kembali sebagai salah satu komandan Front. Karena dia meninggalkan Grozny maka kota itu kembali di kepung pasukan Rusia. Pada musim dingin tahun 2000, Basayev terkena ledakan ranjau darat, salah satu kakinya harus diamputasi, namun hal tersebut sama sekali tidak menyurutkan Jihadnya. Beberapa kali militer Rusia melaporkan kematiannya, namun setiap laporan Rusia tentang kematian beliau ternyata hanya kebohongan belaka.

Pada bulan Juni 2004 unit gerilya yang dipimpin Shamil Basayev melakukan serangan pada sejumlah sasaran militer dan polisi Rusia di republik Ingushetia. Ia juga bertanggung jawab atas operasi-operasi di Ossetia Utara di Kota Beslan tahun 2004, sebuah serangan besar yang beritanya mengguncang dunia. Beliau juga memimpin serangan di Nalchik, ibukota Kabardino-Balkaria, pada Oktober 2005. Shamil Basayev menerima penghargaan tertinggi ChRI, walaupun bukan itu yang beliau inginkan, penghargaan itu adalah “K’oman Siy” (kehormatan bangsa) dan “K’oman Turpal” (pahlawan bangsa). Beliau diberi gelar Jenderal Divisi Ichkeria. Pada tahun 2006 akhirnya beliau Syahid dalam sebuah kecelakaan ledakan di Ingushetia. Andrey Babitsky dari Radio Liberty menyebut Shamil Basayev sebagai “Salah satu orang yang benar-benar mewujudkan perlawanan”, tidak ada orang yang seperti dia setelah Jokhar Dudayev. Keduanya adalah orang-orang besar dalam kancah Jihad di bumi Checnya. [Sumber : muslimdaily.net]

About Haroky2000

The Prophet SAW said : “Islam begin as something strange ( Ghuroba` ), and it will return as something strange the way it began”.

Posted on Juni 16, 2009, in Ragam. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: